Rabu, 16 Juli 2008

Pantai Depok Jogja


Jika anda suka sekali dengan masakan sea food maka datanglah ke Pantai Depok di Jogjakarta. Pantai yang berjarak 1,5 kilometer dari Parangtritis ini, banyak dibuka warung makan-warung makan sea food. Umumnya, warung makan yang berdiri di pantai ini menawarkan nuansa tradisional. Bangunan warung makan tampak sederhana dengan atap limasan, sementara tempat duduk dirancang lesehan menggunakan tikar dan meja-meja kecil. Sederhana, tetapi warung makan ini tampak bersih, nyaman dan mempunyai pemandangan yang bagus dengan daratan pasir putih di depannya dan pantai yang luas sehingga kita dapat sepuasnya melihat laut sambil menyantap sea food.
Beragam hidangan sea food bisa dicicipi. Hidangan ikan yang paling populer dan murah adalah ikan cakalang, seharga Rp 8.000,00 per kilogram, setara dengan 5 - 6 ekor ikan. Jenis ikan lain yang bisa dinikmati adalah kakap putih dan kakap merah dengan kisaran harga Rp 17.000,00 - Rp 25.000,00 per kilogram. Jenis ikan yang harganya cukup mahal adalah bawal, seharga Rp 27.000,00 - Rp 60.000 per kilogram. Selain ikan, ada juga kepiting, udang dan cumi-cumi.


Hidangan sea food biasanya dimasak dengan dibakar atau digoreng. Jika ingin memesannya, anda bisa menuju tempat pelelangan ikan untuk memesan ikan atau tangkapan laut yang lain. Setelah itu, anda biasanya akan diantar menuju salah satu warung makan yang ada di pantai itu oleh salah seorang warga. Tak perlu khawatir akan harga mahal, setengah kilo ikan cakalang plus minuman seperti yang kita cicipi, hanya dijual Rp 22.000,00 termasuk jasa memasak.




Untuk menikmati hidangan laut ini, anda bisa melalui rute yang sama dengan Parangtritis dari Yogyakarta. Setelah sampai di dekat pos retribusi Parangtritis, anda bisa berbelok ke kanan menuju Pantai Depok. Biaya masuk menuju Pantai Depok hanya Rp 4.000,00 untuk dua orang dan satu motor. Bila membawa mobil, anda dikenai biaya Rp 5.000,00 plus biaya perorangan.




2 komentar:

  1. lebaran kemaren ax abiz dari pantai depok tapi sayangnya ax kesananya pagi bgt coz sambil jln2 pagi. Uiiihhh,baru kali ini ax liat pantai yang asyik en lain dari yang laen......en sayangnya lagi ax lom sempet mencicipi masakan yang ada di situ....cos lom pada buka...insyaAllah akhir bulan ini ax mo sana buat buktiin ucapan om kombor ok....

    BalasHapus
  2. coment by Bemby
    aku juga pernah ke depok, slain panganane uenakkkkk.... juga da tempat bwat msknya. tp kyknya tempatnya sama prng tritis/prng kusumo lebih enak di depok klo mau wisata. tp klo mau cari pesugihan ato mau ngepet bisa di prng kusumo ato digua langse. sumpah tuyulna banyak banget!!!!!!!

    BalasHapus