Selasa, 29 Juli 2008

Galabo : Wisata Kuliner Kota Solo




Kota Solo semakin hari seiring perkembangan jaman, kota ini terus menata diri, mempercantik wajah lota dan melengkapinya dengan berbagai ajang promosi dan gelaran. Solo juga dikenal sebagai kota yang tidak pernah tidur. Kegiatan ekonomi kota berlangsung 24 jam. Tak perlu khawatir jika anda berkunjung ke Solo kebetulan Anda memerlukan barang-barang kebutuhan pokok dan jajanan di tengah malam hingga pagi hari.

Solo juga terkenal sebagai kota wisata kuliner. Berbagai masakan yang menawarkan ciri khasnya masing-masing banyak tersebar di seluruh wilayah Solo. Sebut saja srabi Notosuman, Nasi Liwet Keprabon, Gudeg ceker, Tengkleng Pasar Klewer, Nasi Timlo, HIK ( hidangan istimewa ala kampung) dan masih banyak lagi tempat-tempat kuliner yang Mak nyuusss..... lagi.

Penataan PKL yang dilakukan oleh Pemkot Solo, dan Bapak Jokowi sebagai Walikotanya, telah memunculkan kantong-kantong atau pusat-pusat Kerajinan, Klithikan ( barang bekas ) di Notoharjo, Komplek Manahan ( makanan dan pasar minggu pagi ), dan yang terakhir ini adalah Galabo (Gladak Langen Bogan Solo).


Galabo adalah pusat jajanan dan makanan di Solo. Di tempat ini lengkap terdapat semua masakan khas Solo dan sekitarnya. Mulai dari makanan ringan, minuman hingga makan besar ada di tempat ini. Tempat ini sekaligus menjadi publik space bagi masyarakat Solo dengan masyarakat di sekitarnya dan luar kota. Di tempat ini sangat mungkin sekali terjadi interaksi sosial yang luas. Di sinilah tempat penyatuan rasa, budaya, adat dan lain sebagainya. Efektif sekali sebagai tempat sosialisasi untuk suatu wacana baru.

Berlokasi di pusat kota yaitu di daerah Gladak, tepatnya di sebelah selatan Beteng Vastenberg berada di jalan depan Pusat Grosir Solo (PGS). Kalau siang hari tempat ini adalah jalanan umum, akan tetapi jika malam tiba, tempat ini berubah menjadi restauran terbuka.

Bagi Anda yang senang berwisata kuliner tidak ada salahnya jika Anda bersama dengan keluarga, saudara, rekan-rekan, pasangan, dan kalu mungkin ingin menikmati makan malam sendiri di tempat yang sangat ramai silahkan datang dan mencicipi masakan-masakan di Galabo ini. Selamat mencoba.........



4 komentar:

  1. siiiiip!
    suk yen nyang solo ta mampir rono..

    BalasHapus
  2. wuh..seru banget...
    tapi sayang ....emangk sie,banyak pilihan jajanan...tapi??
    muahal...muahalll
    kalo suasana dapet...
    tapi buat harga...hiks..hiks..menjerit
    kocek mahasiswa nie...

    BalasHapus
  3. saiank...
    harga nya g nguatinnnnnnn
    buat penikmat kalangan rakyat solo menengah kbwah
    khn kasihannnn.....
    pengen nikmatin kuliner khas solo jg

    BalasHapus