Jumat, 01 Agustus 2008

Voyage Of IE III


Independen Expression kembali menggelar karya-karyanya. Pada Kamis malam (31/7) di Teater Arena Taman Budaya Surakarta, kelompok tari kontemporer ini mementaskan 3 karyanya. Garis Lurus, Bujang Ganong Gandrung dan Bercermin, itulah judul karya yang mereka pergelarkan. Penataan panggung terlihat sederhana karena pada penyajian kali ini lebih difokuskan pada olah geraknya dan komposisi tarinya. Akan tetapi para penyajinya mampu memberikan sajian tari yang menarik dengan penataan set yang sederhana tadi. Karakter penarinya yang memang kuat, mampu memberikan sajian yang membuat penonton sangat antusias.

Independen Expression (IE)
Sebuah kelompok anak muda kreatif yang terdiri dari beberpa penari dan pemusik. Berdiri pada bulan Februari tahun 2002 yang berdomisili Solo. IE dimaksudkan sebagai wadah kreatif yang berangkat dari kebersamaan dan keinginan untuk belajar bersama. Menjadi ruang bebas pada fase perkembangan untuk pematangan diri menjadi seniman.


Garis Lurus
“Garis lurus dalam ruang menjdi simbol kekuatan untuk membuat ketegasan di setiap tindakan yang terkadang masih sering bengkok” Itulah pengantar dari karya Garis Lurus ini. garis Lurus merupakan karya yang menggambarkan kegelisahan seorang manusia dalam menyikapi kehidupan. Kegelisahan manusia sebagai pemimpin, pemimpin keluarga, masyarakat negara dan dirinya sendiri. Pada suatu keadaan manusia akan dihadapkan pada situasi yang sulit yang membutuhkan sikap tegas dan bijaksana layaknya membuat sebuah garis yang tegak lurus dalam menentukan setiap pilihan dalam hidup. Kebiasaan sungkan, ewuh pekewuh, kadang juga malu-malu bisa menghambat manusia untuk bersikap tegas. Dan ini kadang sudah menjadi budaya dari suatu masyarakat. Hal inilah menjadikan dilema bagi seseorang tersebut dalam mengambil sikap tegas dan untuk mampu semisal mengatakan yang benar itu benar dan salah itu salah, dan bukannya samar-samar atau abu-abu.



Bujang Ganong Gandrung
Setiap manusia pastilah memiliki naluri menyukai lawan jenisnya. Karena itu semua sudah menjadi kodrat dari Tuhan Yang Maha Esa, demikian halnya Bujang Ganong. Tokoh Bujang Ganong digambarkan menjadi sosok manusia biasa dan mempunyai hasrat yang wajar laiknya manusia jaman sekarang yang sering kali stress lantaran dimabuk asmara.sebuah pencitraan baru yang berangkat dari tokoh Bujang ganong (tradisi reog) untuk membentuk nuansa yang sesuai dengan kondisi kekinian.
Pada awalnya Bujang Ganong adalah punggawa berpangkat patih yang gagah berwibawa serta sangat setia pada rajanya. Bujang Ganong tidak menolak tatkala diutus untuk melamar Dewi Songgolangit di Kediri. Namun, begitu Bujang Ganong menemukan Dewi Songgolangit cerita menjadi lain, justru Bujang Ganong jatuh hati pada Dewi Songgolangit. Pada akhirnya karena Bujang Ganong telah berkhianat pada Sang Prabu Klana Suwandono, maka dia menerima karma dari dewa. Dan Dewi Songgolangit juga dikutuk menjadi batu.


Bercermin
Proses perjalanan dalam memperbaiki diri melalui introspeksi adalah fokus pada karya ini. Wujud koreografinya menggambarkan berbagai perasaan yang hadir saat bercermin, yaitu rasa bangga, sombong, takut, sedih, dan marah hadir secara tiba-tiba dan berubah setiap saat. Ide garap bentuknya adalah komposisi tari duet, yang menggambarkan seseorang sedang bercengkerama dengan sosok bayangannya yang hadir saat bercermin. Proses bercengkerama antara seseorang dengan bayangannya tersebut kadang-kadang menimbulkan konflik batin. Konflik batin terjadi karena adanya tarik-menarik antara berbagai perasaan yang hadir saat itu. Dari tumpukan konflik batin yang terjadi, puncaknya pada keprasahan kepada Sang Pencipta.


Tentang Koreografer
Dedy Satya Amijaya lahir di Ponorogo Jawa Timur Indonesia pada 7 Nopember 1982. Mulai mengenal tari sejak usia 13 tahun dalam paguyuban seni Reog mini Si Buyut Katong. Selepas dari SLTA kemudian melanjutkan kuliah di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dan diselesaikannya dalam waktu 6 tahun, dengan mendapat gelar sarjana pada tahun 2007. Disela-sela kesibukannya selama kuliah, sering aktif mengikuti workshop dengan koreografer-koreografer terkenal baik dari dalam maupun luar negeri. Terlibat karya dengan para seniornya seperti Eko Supriyanto yang berpentas ke luar negeri. Selain itu juga sudah membuat beberpa karya sejak tahun 2003- sekarang dan salah satunya adalah “Bujang Ganong Gandrung” ini yang mendapat penghargaan sebagai 5 penyaji terbaik dalam festival seni pertunjukan di Kota Malang th 2008, dan sebagai penyaji dan musik 10 terbaik dalam festival kesenian di JCC, Jakarta.

Kombor, 31/7/2008

Foto : Kombor

4 komentar:

  1. wow..foto2 nya bagus banget...jadi seneng liat en baca-baca..mapir balik ya.. salam kenal

    BalasHapus
  2. sudah lama gak lihat pagelaran macam begitu.
    menarik....sangat menarik!

    BalasHapus
  3. salam untuk kang Dedy. Semoga tambah sukses.

    Pardi.

    BalasHapus
  4. mas si o... manteb.... good luck ya kami menunggu karya2 terbaiknya....

    BalasHapus